Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Honda Jazz Cepat Panas

Penyebab Mesin Mobil Honda Jazz cepat panas – Over heating adalah satu kondisi dimana mesin tak dapat bekerja dengan normal yang disebabkan oleh temperatur kerja mesin berada diatas suhu normal mesin kendaraan. Setelah itu, apabila hal sekian yang Anda alami jadi baiknya selekasnya matikan mesin mobil Honda Jazz anda. Karena kalau di paksa bisa menyebabkan fatal untuk diri Anda sendiri serta mobil anda.

mobil-honda-jazz-rs-5Kenali dan Cara Mengatasi Mesin Honda Jazz Cepat Panas

Pemicu tingginya temperatur mesin Honda Jazz biasanya dikarenakan oleh kerusakan pada radiator, bocornya selang radiator, termostat, tak wajarnya fan serta water pump. System kerja temperatur mesin normal dapat digambarkan juga sebagai keadaan dimanana motor cooling fan dapat hidup serta mati sesuai sama temperatur mesin yang ada diantara 85 sampai 95 derjad selsius, itu kalau mesin memakai elektrik fan.

System pendingin terkecuali ada pada PC ataupun Laptop serta beragam piranti yang memakai mesin, terlebih untuk type kendaraan bermotor pasti juga mempunyai. Rusak atau tak bekerjanya system pendingin ini yang bakal mengakibatkan mesin mobil alami overheat. Keadaan mesin mobil panas seperti ini kerapkali dihadapi saat kita lakukan perjalanan jauh. Serta sinyal – sinyal yang dapat dipandang dari dashboard mobil, umumnya overheat jarum indikator bakal bergerak ke kanan ke arah suhu, setelah itu mesin bakal segera mati.

1. Overheating Radiator

Langkah menangani mesin mobil Honda Jazz overheating yaitu terlebih dulu mesti dilakukan pencarian untuk mengetahui  pemicu mesin mobil panas. Banyak hal yang dapat di lakukan untuk mencari penyebabnya. salah satunya yaitu oli mesin, oli rem, air pada reservoirradiator dan air aki.

Salah satu cirri-ciri overheating atau suhu panas pada mesin tinggi yaitu mobil mati mendadak. Hal semacam ini terjadi lantaran kita tak memperhatikan indikator temperatur yang ada di panel speedometer, lampu indikator temperature dan juga jarum indikator temperatur sehinga terlampat untuk menghindarnya.

Jika kita sudah mengetahui pemicu serta tanda-tanda diatas mari kita kenali panduan untuk mesin mobil Honda Jazz Anda supaya tidak terjadi overheating, termasuk juga perawatan, kontrol system pendingin mesin mobil dan menghindar temperatur tinggi atau panas berlebihan yang mengakibatkan mobil berhenti mendadak.

2. Radiator Panas

Langkap pertama adalah lakukan kontrol pada Radiator mesin Mobil. Periksa isi air radiator, jika kurkang segera lakukan pengisian atau segera bersihkan radiator jika anda mendapatkan kondisi radiator yang kotor. Setelah itu, check juga penutupnya, apakah ada kebocoran? Kalau ada kebocoran segera perbaiki ke bengkel.

Bagian-bagian dari radiator yang perlu anda cec yaitu upper tank dan lower. Kontrol ini terutama type radiator yang menggunakan plastik untuk upper tank dan lower tank nya. Hal semacam ini km tempuh spesifik untuk upper tank serta lower tank memiliki bahan plastik yang gampang rapuh dan mengalami keretakan sehingga mennjadi pemicu bocorannya air radiator Honda Jazz Anda. Pada upper tank serta sisi teratas dari radiator biasanya gampang rusak karena kondisinya yang selalu kepanasan.

3. Hindari kebocoran pada cooling system dengan radiator tester

Kerjakan kontrol kebocoran cooling system dengan mengunakan radiator tester. Ini adalah salah satu cara untuk Anda mengecek kebocoran sistem pendingin mesin mobil yaitu memakai radiator tester atau radiator cup tester. Cara melakukanya adalah dengan memberi desakan lebih tinggi dari desakan relief valve tutup radiator, desakan tutup radiator biasanya 1, 1 bar atau 0, 9. Jika anda menemukan kebocoran dengan terlihat air menetes maka segera anda memperbaikinya.

4. Keadaan Tutup Radiator

Pada sisi tutup radiator ada karet, apabila karet ini mengalami kerusakan atau mungkin saja telah mengeras sehingga mengakibatkan air pendingin mesin yang keluar dari radiator tidak lagi melalui tabung reservoir.

5. Radiator Mobil Tersumbat

Tersumbatnya radiator dapat mengakibatkan air radiator tak dapat mengalir dengan lancar. Titik penguapan air sangat rendah yaitu 100 derajad selsius. Kesimpulanya, air dalam radiator itu cepat menyusut karena penguapan lewat reservoir. Jadi untuk menghindar cepat habisnya air radiator sebaiknya mengunakan radiator coolant untuk mobil anda.

5. Keadaan Selang Radiator Beserta Klem nya

Penyebab mobil macet lainnya adalah karena selang radiator pecah, atau klem radiator yang kurang kencang. Iniartinya keadaan slang radiator mobil Anda harus di ubah. Rusaknya selang radiator biasanya di tandai dengan sleang yang telah mengeras ditandai dengan saat anda menekannya kondisinya sudah tidak lentur lagi, dan juga berbunyi apabila di tekan.

6. Water Pump

Kontrol Water Pump dapat lihat dari bawah kendaraan di bagian water pump. Cek pada lubang angin bila anda mendapatkan air yang keluar segera bawa ke bengkel untuk mengganti water pump baru.

Cek juga keadaan V – Belt yang melilit pada pompa air atau sering disebut Water Pump. Kontrol ini mempunyai tujuan untuk menghindari v-belt yang putus. Apabila anda menjumpai v-belt yang retak segera ganti supaya tak putus di dalam perjalanan

7. Oli mesin yang berlebihan

Cara untuk mengontrol oli mesin mobil dapat di lakukan dengan mengunakan stik oli. Manfaat oli mesin adalah selain sebagai pelumas pada mesin yang bergesekan juga berperan sebagai pendingin mesin supaya tidak terjadi overheating. Jadi sangat penting untuk memeriksa oli mesin supaya tetap pada jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

 

sumber : http://hondajazzarena.blogspot.co.id/2015/06/penyebab-dan-cara-mengatasi-mesin-mobil.html

logo hjci

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply